PRAKTEK PENANGANAN TINDAK PIDANA KEIMIGRASIAN TERHADAP PENYALAHGUNAAN IZIN TINGGAL DI KANTOR WILAYAH IMIGRASI KELAS I SEMARANG

Siswanto, Bambang (2021) PRAKTEK PENANGANAN TINDAK PIDANA KEIMIGRASIAN TERHADAP PENYALAHGUNAAN IZIN TINGGAL DI KANTOR WILAYAH IMIGRASI KELAS I SEMARANG. Documentation. Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 Semarang, Semarang.

[img] Text
BAMBANG SIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Negara Indonesia yang berwilayah dari Sabang sampai Merauke merupakan salah satu negara yang subur, kaya akan sumber daya alam seperti bahan baku dan rempah-rempah, serta memiliki potensi alam berupa daratan dan lautan untuk dieksplorasi, sehingga mengakibatkan banyak wisatawan asing untuk berkunjung mauapun bekeija di Indonesia Keindahan alam Indonesia yang menjadi daya tarik bagi wisatawan asing untuk berkunjung ke Indonesia mengakibatkan banyaknya pelancong asing yang melakukan pelanggaran di Indonesia.Permasalahan yang di kaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana pelaksanaan penegakan hukum terhadap warga negara asing yang masa berlaku izin tinggalnya telah habis (overstay) di semarang (2) faktor-faktor apakah yang mempengaruhi penegakan hukum terhadap warga negara asing yang masa berlaku izin tinggalnya telah habis (overstay)? Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penegakan hukum terhadap warga negara asing yang masa berlaku izin tinggalnya telah habis (overstay) di semarang (2) untuk mengetahui faktor- faktor apakah yang mempengaruhi penegakan hukum terhadap warga negara asing yang masa berlaku izin tinggalnya telah habis (overstay)? Tipe pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, metode studi pustaka. Dalam penelitian ini metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif normatif, karena untuk menggambarkan tentang praktek penanganan tindak pidana keimigrasian terhadap penyalahgunaan izin tinggal. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa praktek penanganan tindak pidana keimigrasian terhadap penyalahgunaan izin tinggal telah sesuai dengan Undang- Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. Dengan cara melakukan pengawasan kelengkapan administratif warga negara asing yang akan masuk wilayah Indonesia khususnya Semarang dan memberikan tindakan administratif kepada yang melanggar izin tinggal yaitu membayar biaya beban. Kantor imigrasi kelas 1 Semarang bekeija sama dengan instansi-instansi terkait seperti kepolisian Republik Indonesia, Polrestabes Semarang beserta jajaranya, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kota Semarang serta partisipasi masayarakat serta aktifnya penjamin dalam mempertanggungjawabkan keberadaan dan kegiatan warga negara asing (WNA). Saran dalam penelitian ini adalah kantor imigrasi kelas 1 Semarang perlu menambah sumber daya manusia (SDM) secara kuantitatif dengan membentuk dan melatih Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) dalam rangka penindakan orang asing. Diharapkan koordinasi antara Kantor Imigrasi Kelas 1 Semarang dengan instansi terkait lebih di tingkatkan untuk mengoptimalkan pengawasan orang asing dan tindakan operasi intelijen. Kata Kunci: Sanksi Admnistratif, Warga Negara Asing (WNA)

Item Type: Monograph (Documentation)
Subjects: Ilmu Hukum
Ilmu Hukum > Ilmu Hukum Pidana
Divisions: 74201 - Program Studi Hukum Program Sarjana
Depositing User: Perpustakaan Fakultas Hukum
Date Deposited: 30 Aug 2021 05:45
Last Modified: 30 Aug 2021 05:45
URI: http://repositoryhukum.untagsmg.ac.id/id/eprint/102

Actions (login required)

View Item View Item